Ekstrakurikuler SMAN 12 Surabaya

  • Sie kerohanian islam

 

SKI merupakan wadah bagi peserta didik Beragama Islam, yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, belajar berorganisasi, serta pembentukan pribadi remaja İslami. Program yang dijalankan di antaranya: BTAQ, Takmir, Kajian İslam, Lomba İslami, Nasyid SEMUSIM (Senandung Muda İslami) dan perayaan hari beşar İslam. Kami pernah meraih prestasi di Ajang Kreasi Seni İslam (AKSI) SMA se- Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto. 

 

  • Al-banjari

Al-Banjari SMAN 12 berguna untuk menjaring sekaligus mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki jiwa seni yang nantinya diarahkan pada seni religi. Al-Banjari mengajari kita untuk memainkan Banjari agar dapat menghasilkan suara khas dengan lantunan Syair-Syair Islami.

  • Sie kerohanian kristen

SKK merupakan wadah umat Kristiani, di SMA Negeri 12 Surabaya. Dengan tujuan untuk memberikan bimbingan pedoman serta dorongan dalam membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME agar siap menghadapi masalah yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. SKK mempunyai kegiatan rutin misalnya Persekutuan Doa, perayaan Natal, Paskah, dll.

  • Paskibra

Paskibra di SMA Negeri 12 Surabaya mempunyai nama sendiri yaitu PASTWELVE yang artinya Paskib Dua Belas. Dalam kegiatan eskul ini dilatih tidak hanya untuk pengibar bendera saja tapi juga formasi barisan agar memiliki unsur seni yang bagus. Paskibra berdiri pada bulan Agustus 2002, memang berdirinya masih belum terlalu lama tapi kiprah di masyarakat bisa diandalkan termasuk diantaranya pegiriman pengibar bendera di tingkat kota Surabaya maupun tingkat provinsi Jawa Timur pada saat Upacara 17 Agustus, Lomba-lomba Paskibra antar SMA se-Surabaya, dan Gerbang Kerta Susila.

  • Kepramukaan

Pramuka SMAN 12 Surabaya memiliki Gugus depan 22.007-22.008. Pramuka sendiri bertujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Pramuka SMAN 12 Surabaya juga mengadakan berbagai kegiatan yang menarik seperti PTA (penerimaan Tamu Ambalan) serta kegiatan menarik lainnya. Bahkan Pramuka SMAN 12 pernah mewakili Kwarcab Surabaya untuk pergi ke Korea Selatan. 

  • Pecinta alam

Pecinta Alam (PA) baru dibentuk di tahun 2013, namun ekstrakulikuler yang satu ini cukup banyak diminati oleh Siswa-siswi SMAN 12, karena dengan ikut ekstra ini kita bisa menjadi seorang peduli dan mencintai alam di sekiar kita. Selain itu juga PA mengadakan berbagai aktivitas, Aktivitas tersebut dapat berupa pengetahuan tentang Alam juga dapat beraktivitas di alam.

  • Bulu Tangkis

Bulu tangkis mulai ada di akhir tahun 2008. Ekskul ini dibentuk untuk mewadahi siswa-siswi SMAN 12 yang ingin bermain Bulu Tangkis. Bulu tangkis banyak digemari oleh siswa-siswi SMAN 12, Melalui bulu tangkis kita dapat mengembangkan bakat dan potensi bermain bulu tangkis, selain itu juga memanfaatkan kegiatan ini untuk berolahraga serta tempat untuk berinteraksi dan bersosialisasi antar peserta didik.

  • Basket

 

  • Futsal

 

  • Tari tradisional

Tari Tradisional merupakan wadah bagi siswa- siswi SMAN 12 Surabaya yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang Seni Tari. Sebagai Esktrakurikuler Tari Tradisional, selalu menampilkan dan memperkenalkan keberagaman tarian Indonesia di setiap penampilannya baik tari tradisional maupun tari kreasi. . Prestasi yang pernah diraih cukup bagus, baik ditingkat kota, provinsi, nasional maupun internsional. Hanya gara-gara tari nama sekolah kita dikenal oleh masyarakat mancanegara,seperti Nancy Paris-Prancis.

  • Tunas hijau

Tunas Hijau merupakan wadah untuk siswa-siswi SMAN 12 Yang cinta dan peduli lingkungan. Ekstrakulikuler tunas hijau baru terbentuk tahun 2013. Tapi jangan ragukan sumbangsinya bagi sekolah. Keaktifan ekstrakulikuler ini membawa sekolah kita meraih 18 penghargaan sekaligus pada ajang Surabaya Eco School tahun 2013, 2014, 2015, dan 2016. Yang membanggakan adalah masukkan SMAN 12 menjadi kandidat adiwiyata tingkat nasional.

  • Voli

  • Pencak silat

pencak silat adalah wadah bagi siswa-siswi SMAN 12 yang baru ingin mengenal dan yang telah memilikii kemampuan dalam beladiri pencak silat. Sehingga mereka bisa mengembangkan dan mengekspresikan diri mereka melalui beladiri pencak silat ini. Pencak silat juga memiliki berbgai prestasi, salah satunya yang terdapat difoto atas. 

  • Teater

Teater merupakan tempat untuk mengasah kreatifitas siswa khususnya di bidang seni, bahasa, dan sastra. Seperti yang kita ketahui, di masa remaja ini, siswa membutuhkan sarana yang bisa menunjang atau mendukung kreatifitas mereka. Untuk itu, Teater merupakan salah satu ekstrakurikuler yang dapat menjadi “wadah” yang tepat untuk tempat mengembangkan hal tersebut.

  • Paduan suara
  • IT

 

  • PMR

Palang Merah Remaja atau PMR SMA Negeri 12 Surabaya baru terbentuk pada akhir tahun 2013. Di mana kegiatan ekstra ini memfokuskan pada materi-materi Kesehatan, Pertolongan Pertama (PP), Penanggulangan Pada Gawan Darurat (PPGD) dan bidang sosial. Melalui kegiatan ekstra PMR ini siswa-siswi yang memiliki hobi, cita-cita menjadi petugas kesehatan dan berminat menjadi relawan, dapat menyalurkan minat-bakat mereka tersebut, karena selain menerima materi, para siswa-siswi juga bisa-langsung-praktek di sekolah. Selaku petugas kesehatan di sekolah mereka adalah Kader Kesehatan Remaja dan Kader Relawan yang harus selalu berlatih dan mengasah keahliannya dalam wadah kegiatan ekstra PMR.

  • KIR

Kelompok ilmiah remaja (KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah. Ekstrakurikuler ini merupakan tempat bagi siswa-siswi SMAN 12 yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang. Jadi, buat kalian yang suka dengan ilmiah, kalian dapat bergabung dengan KIR.

  • Konselor sebaya
  • Ecopreuner

Ecopreuner memanfaatkan potensi lingkungan yang ada di sekolah kita, yaitu semanggi. Ada beberapa kreasi Siswa yang sudah dipamerkan pada beberapa kegiatan, seperti nuget semanggi, peyek semanggi, donat semanggi, Sirup semanggi, dan sebagianya. Salah satu kreasi anak ini yang telah mengantarkan SMAN 12 Surabaya menuju adiwiyata tingkat nasional.

  • Cheerleader

Cheerleader adalah salah satu kegiatan ekskul yang banyak mengundang minat siswa putri. Kegiatan ekskul ini selain memang asyik untuk diikuti karena seringnya mengikuti berbagai event di luar sekolah, juga menyehatkan juga lho. Banyak atraksi-atraksi yang kaya akan gerak motorik. Cheerleader bukan sekadar kegiatan ekstrakurikuler yang berisi joget. Tetapi, butuh mental dan fisik yang bagus. Selain itu, cheerleader ini mengajarkan kebersamaan dan butuh fleksibilitas karena basicnya adalah senam.

  • Dance