Pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari wawasan dan terjun langsung ke tengah aktivitas masyarakat yang mempunyai korelasi dengan ilmu yang sedang dipelajari siswa bersangkutan. Setiap perkembangan di sekitar selalu menuntut siswa untuk tanggap dan peka terhadapnya. Oleh sebab itu, selayaknya siswa memahami segala fenomena yang muncul di tengah masyarakat. Dengan cara ini siswa semakin bertambah wawasan pengetahuan dan penalaran karena siswa dapat membandingkan teori di sekolah dengan dunia nyata. Pembelajaran di sekolah merupakan pembentuk pikir siswa. Dengan bekal tersebut, siswa dapat mengadakan perbandingan dengan fenomena di sekitarnya dan menganalisis secara logis. Siswa perlu mengenal dan mencintai objek wisata dan lingkungan hidupnya. Siswa perlu saling mengenal dan memupuk tali persaudaraan yang satu dengan yang lainnya, terutama warga SMA Negeri 12 Surabaya.

Borobudur 5Ugm 2Batik 3Myseum 1

Belajar itu tidak hanya didalam kelas, tapi pembelajarn yang baik itu ketika kita diajak langsung untuk bagaimana mempraktekkan apa yang sudah dipelajari tersebut, salah satu contoh kegiatan tengah semester yang diadakan di Jogja Pada tanggal 7-9 Maret 2018. Di jogja siswa bisa belajar langsung dengan para pelaku ekonomi, menatap alam dan bagaimana bisa mengetahui alam dengan sesungguhnya, bisa melakukan penelitian di candi candi yang ada yaitu Borobudur, dan siswa juga bisa belajar untuk membuat sebuah kerajinan yang merupkan life skiil bagi mereka di kemudian hari. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat sekali karena memang di zaman Now kita harus bisa beradaptasi dengan berbagai macam pengalaman dan pembelajaran dan wajib hukumnya melek Teknologi, sehingga hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut betul betul mengena dan bisa dijadikan pengalaman hidup yang sangat berharga.
Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kelas X dan Kelas XI, kurang lebih 700 an anak yang ikut, menggunakan transportasi sebanyak 14 Bus. Berangkat dari Surabaya jam 8 malam dan sampai ke jogja jam 7 pagi.

Untuk Foto Foto Kegiatan tersebut bisa di lihat di link dibawah ini
Kegiatan Membatik lihat
Kunjungan Ke Fakultas Ekonomi UGM lihat
Kunjungan Ke Fakultas Kedokteran UGM lihat
Melihat Candi Borobudur lihat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *