Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SD, SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru, tidak terkecuali SMA Negeri 12 Surabaya. MPLS di SMA Negeri 12 Surabaya dilaksanakan selama 3 hari. Mulai tanggal 18 Juli 2022 sampai tanggal 20 Juli 2022. Sebelum di adakannya MPLS, SMA Negeri 12 Surabaya melaksanakan pra MPLS pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022. Fungsi dari pra MPLS ini adalah untuk memaparkan atau memberikan informasi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kegiatan MPLS dimulai. Pada Pra MPLS ada hal yang berbeda dengan di banding MPLS di sekolah lainnya, yaitu adanya senam pelajar Pancasila. Senam ini selain untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satu tujuan senam pelajar pancasila adalah untuk mengenalkan peserta didik baru dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Bahkan pembagian nama gugus yang akan digunakan untuk MPLS ini diambil dari Profil Pelajar Pancasila dan tema yang ada di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5).


MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainya di sekolah itu, Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

MPLS hari pertama, yaitu hari Senin tanggal 18 Juli 2022 berisikan materi pengenalan lingkungan sekolah, kesadaran berbangsa dan bernegara, teloransi beragama, dan anti radikalisme di sekolah, serta materi pengenalan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka.

MPLS hari kedua, yaitu hari Selasa tanggal 19 Juli 2022 berisikan materi pengenalan tata tertib sekolah dan tata karma pergaulan serta materi pengembangan minat dan bakat siswa dan kurikulum merdeka belajar. Ada yang special di hari kedua ini yaitu adanya kegiatan penghijauan. Kegiatan penghijauan di sekolah adalah bagian dari upaya menciptakan lingkungan yang sehat karena Mengurangi kadar CO2 dan menambah O2 .

MPLS hari terakhir, yaitu hari Rabu tanggal 18 Juli 2022 berisikan materi kesadaran remaja dalam menjaga Kesehatan diri dan lingkungan, dimana pematerinya didelegasikan dari Puskesmas Benowo. Materi kedua adalah Kesadaran dalam berlalu lintas yang disampaikan oleh Polsek Benowo. Selain, kedua materi tersebut, di hari terakhir MPLS ini diadakan penampilan demo ekskul dan ujuk bakat.