Sabtu, 26 Februari 2022 memberikan kebahagiaan bagi TIM KIR SMAN 12 Surabaya.  Setelah melewati berbagai tahapan seleksi, akhirnya TIM KIR SMAN 12 Surabaya meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh UISI Teknik Kimia. Walau kondisi pandemi Covid-19, TIM KIR SMAN 12 Surabaya tetap semangat melakukan kegiatan yang kreatif dan inovatif dengan mengikuti berbagai kompetisi kejuaran karya ilmiah. Dalam kegiatan LKTIN UISI tahun 2022 ini, SMAN 12 Surabaya mengikutsertakan 3 tim KIR. Hasil seleksi tahap 1, ketiga TIM KIR SMAN 12 Surabaya berhasil masuk menjadi 80 besar Nasional. Judul karya 3 tim KIR tersebut antara lain:

1. Brilian Indah Pawesri (X IPA-4) dan Aisyah Kartini Putri (X IPA-1): “Oci’s Spray Berbahan Dasar Kemangi Sebagai Solusi Penghilang Bau Amis Di Tangan”

2. Maharani Aulia Rahmawati (X IPS-3) dan Prima Pratama Andhika (XI IPA-4): “Tepung Semanggi “LoveUr Body”, Solusi Konsumsi Tepung Masa Kini yang Menyehatkan”

3. Endah Nabila Sutrisno Putri (XII IPA-1) dan Triyas Rahmadiyanti (XII IPA-6): “SECOTY (Security COVID-19 Touchless System): Inovasi Alat Hand Sanitizer dan Termometer Otomatis Tanpa Sentuh serta Peringatan Ijin Memasuki Ruangan  sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 di SMAN 12 Surabaya”

                Namun dari hasil seleksi tahap 2, hanya 1 TIM SMAN 12 yang lolos 15 besar nasional  untuk masuk tahap final, yaitu Tim Endah Nabila dan Trias. Berbagai persiapan dilakukan TIM agar dapat menjawab pertanyaan dari dewan juri terkait dengan hasil karya yang masih berhubungan dengan suasana pandemi COVID-19. Dan berkat doa, dukungan, dari seluruh warga sekolah, SMAN 12 berhasil meraih juara 3 nasional. 3 tim yang masuk 3 besar antara lain:

1. Juara 1: SMAN 1 Pambaong Sulawesi Barat

2. Juara 2: SMAN 1 Kuta Selatan Bali

3. Juara 3: SMAN 12 Surabaya

                Tim KIR SMAN 12 Surabaya telah dapat membuktikan bahwa mereka mampu bersaing secara nasional dengan siswa dari sekolah.  Ketua Tim Endah Nabila menyatakan merasa senang telah memberikan suatu karya yang bermanfaat bagi sekolah. Endah Nabila yang merupakan mantan ketua OSIS 2020-2021 telah menunjukkan bahwa kesibukannya di organisasi sekolah tetap dapat membuat dirinya menggali potensi dan prestasi. Trias yang merupakan anggota TIM juga menyatakan senang dapat menghasilkan karya di akhir masa sekolahnya. Dia juga memberikan pesan pada adik-adik kelasnya agar selalu semangat dalam meraih prestasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *